Prabowo Sebut Guru Merupakan Sosok Penting dalam Peradaban Bangsa

Prabowo Sebut Guru Merupakan Sosok Penting dalam Peradaban Bangsa
Menhan Prabowo Subianto, bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan saat menghadiri sidang pengukuhan Sufmi Dasco Ahmad sebagai Profesor Bidang Ilmu Hukum, di SICC, Sentul, Bogor, Kamis (1/12/2022). Foto/Istimewa

Politik.mediaipnu.or.id - Prabowo Sebut Guru Merupakan Sosok Penting dalam Peradaban Bangsa. Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengatakan, guru memiliki peran penting bagi peradaban sebuah bangsa. Menurut Prabowo , guru merupakan sosok penentu keberhasilan peradaban.

"Setiap peradaban yang besar, guru sangat menentukan apakah peradaban itu berhasil atau tidak," kata Prabowo saat menghadiri sidang pengukuhan Sufmi Dasco Ahmad sebagai Profesor Bidang Ilmu Hukum, di SICC, Sentul, Bogor, Kamis (1/12/2022).

"Pemimpin-pemimpin besar di dunia, yang memimpin perubahan, yang memimpin pembangunan, yang memimpin kebangkitan-kebangkitan suatu bangsa, yang memimpin perjuangan-perjuangan kemerdekaan selalu menempatkan pendidikan yang paling terutama," tambahnya.

Ketua Umum DPP Partai Gerindra ini kemudian mengingatkan bagaimana kebangkitan bangsa Indonesia telah dimulai jauh sebelum proklamasi kemerdekaan Indonesia. Di mana saat itu semangat para pendidik yang justru membangkitkan semangat kemerdekaan.

"Kita sadar bahwa kebangkitan kita, kemerdekaan kita dimulai jauh sebelum tahun '45. Bangkitnya adalah pada saat tokoh-tokoh bangsa kita muncul sebagai pendidik, muncul dan menyelenggarakan gerakan-gerakan pendidikan," jelasnya," ujarnya.

"Apakah melalui gerakan-gerakan pendidikan agama ataupun pendidikan-pendidikan kebangsaaan. Kebangkitan Budi Utomo, gerakan Taman Siswa, Ki Hajar Dewantara, di situ diletakkan nilai-nilai kebangkitan bangsa," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, sebagai seorang sahabat, Prabowo berpesan kepada Sufmi Dasco agar gelar profesor yang diemban saat ini dapat dipertanggungjawabkan dengan baik, karena tidak sembarang orang dapat memperolehnya.

Prabowo menyebutkan guru besar bukan orang paling pintar, tetapi orang yang paling bijak yang dapat menyandang gelar kehormatan ini.

"Jadi, dalam suatu bangsa, guru besar memang mereka yang dipandang oleh bangsa tersebut sebagai orang-orang yang paling bijak. Bukan orang-orang yang paling pintar, tetapi lebih dari pintar. Orang-orang yang bijak. The wise men and the wise women, the wise of the nation. Kehormatan yang diberikan di pundakmu tidak ringan," tutup Prabowo.

Sumber: https://nasional.sindonews.com/read/957149/15/prabowo-sebut-guru-merupakan-sosok-penting-dalam-peradaban-bangsa-1669882320

Baca Juga: 

Prabowo Sebut Guru Merupakan Sosok Penting dalam Peradaban Bangsa. Ini Prabowo Sebut Guru Merupakan Sosok Penting. Info Prabowo Sebut Guru Merupakan Sosok Penting. Jika Prabowo Sebut Guru. Prabowo Sebut Guru.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama